Senin, 18 Januari 2010

P U R P L E

ungu warna yg menurut gua indah banget ternyata punya banyak nama looh ada violet, amethyst, banyak deeeh . yg pasti ungu itu memberikan kenyamanan karana ungu itu salah satu warna lembut .

Sebuah mitologi mengatakan bahwa Pantone telah memilih warna Blue Iris (Pantone 18-3943) sebagai 2008 Color of the Year mengatakan kepada kita: "Menggabungkan stabil dan menenangkan aspek biru dengan mistik dan kualitas spiritual ungu, Blue Iris memenuhi kebutuhan akan kepastian dalam dunia yang kompleks, sambil menambahkan sedikit misteri dan kegembiraan. "

Bukti arkeologi paling awal bagi asal-usul pewarna ungu menunjuk ke peradaban Minoan di Kreta, sekitar 1900 SM Kuno tanah Kanaan (yang sesuai nama Yunani Phoenicia, yang berarti "negeri ungu") adalah pusat dari industri pewarna ungu kuno.

"Tyrian Purple," pewarna ungu dari yang disebutkan dalam teks-teks kuno datang kembali ke sekitar 1600 SM, dihasilkan dari lendir dari kelenjar hypobranchial berbagai jenis moluska laut, terutama Murex. Butuh beberapa kerang 12.000 untuk mengekstrak 1,5 gram pewarna murni. Legenda memberikan penemuannya kepada Herakles, atau lebih tepatnya untuk anjingnya, yang mulutnya berwarna ungu dari mengunyah bekicot sepanjang Levantine pantai. Raja Phoenix menerima jubah berwarna ungu dari Herakles dan menetapkan penguasa Phoenicia harus mengenakan warna ini sebagai simbol kerajaan.

Di Roma, Mesir, dan Persia, warna ungu digunakan sebagai standar kekaisaran. Pewarna ungu yang langka dan mahal, hanya orang kaya memiliki akses kepada mereka. Colorants ungu yang digunakan berasal dari sumber yang berbeda, kebanyakan dari ekstraksi zat warna dari ikan atau serangga.

Dengan penurunan Kekaisaran Romawi, penggunaan "Tyrian Purple" juga menurun, dan produksi skala besar berhenti dengan jatuhnya Konstantinopel pada tahun 1453 M. Saat itu diganti dengan yang lebih murah seperti lumut pewarna ungu dan marah.

Paus Paulus II pada 1464 memperkenalkan apa yang disebut "Kardinal's Purple," yang warna merah tua yang diekstrak dari Kermes serangga. Ini menjadi bahan celup mewah pertama dari Abad Pertengahan.

Ungu adalah campuran warna panas dan dingin, sebagai refleksi dari merah dan biru, karena itu warna ini merupakan refleksi dari kehangatan dan kesejukan. Sebuah ruangan yang berwarna ungu bisa meningkatkan imajinasi anak atau kreativitas seniman


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

zulaikha. Diberdayakan oleh Blogger.